Seminar Nasional : Mampukah Indonesia Mengembangkan Sistem Transportasi Massal Bertaraf Internasional ?

         Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) menggelar seminar nasional bertemakan “Mampukah Indonesia Mengembangkan Sistem Transportasi Massal Bertaraf Internasional?”. Acara ini dilaksanakan di Auditorium Prof. Ir. Suryono, Rabu lalu (04/11/2015).

Semnas1       Hadir sebagai pemateri dalam seminar, pakar-pakar dan pelaku bidang transportasi antara lain dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Beta Ramadhani M.Sc, Presiden Direktur PT. Mass Rapid Transit Jakarta Dono Boestami, mewakili dari masyarakat yaitu Ketua bidang advokasi MTI (Masyarakat Transportasi Indonesia) Darmaningtyas, dan mewakili akademisi yaitu guru besar transportasi jurusan teknik sipil dan lingkungan Fakultas Teknik UGM Prof. Dr. Ir. Ahmad Munawar, M.Sc dan Ketua Pusat Jaminan Mutu (PJM) UB Ir. Ahmad Wicaksono, M.Eng, Ph.D.

             Seminar nasional ini mengulas tentang berbagai sistem transportasi massal yang layak dan efisien yang dapat diterapkan di kota-kota besar di dunia sebagai solusi kemacetan yang kerap terjadi di Indonesia. Presiden Direktur PT. Mass Rapid Transit Jakarta, Dono Boestami, dalam seminar nasional ini memaparkan tentang Mass Rapid Transit Jakarta (MRT JAKARTA) yang saat ini sedang dalam proses pembangunan. Staf Bidang Fisik Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Beta Ramadhani M.Sc., juga membahas tentang Surabaya Integrated Mass Rapid Transit (SMART) yang sedang dalam perencanaan, serta pembahasan lain yang sangat menarik dan bermanfaat dibahas dalam seminar nasional tersebut.

              Dekan Bidang Kemahasiswaan FT-UB saat membuka acara mengungkapkan bahwa kultur di Indonesia yang berbeda-beda membuat penciptaan transportasi yang nyaman dan indah cukup sulit untuk diwujudkan, sehingga perlu didukung dengan ilmu-ilmu yang lain selain ilmu sipil itu sendiri. Penyelenggaraan seminar nasional ini sebagai sarana untuk mengembangkan wawasan guna mencapai transportasi massal bertaraf internasional di masa yang akan datang.

             Sementara itu ketua pelaksana seminar nasional 2015, Aditya Leo Dharmawan mengatakan, penyelenggaraan seminar nasional ini bertujuan untuk menyatukan pemikiran dari berbagai pihak yaitu pemerintah, masyarakat, praktisi, dan akademisi untuk mencari solusi tentang transportasi massal di Indonesia. “Harapan kami dengan adanya seminar nasional ini, ilmu yang diberikan oleh pemateri dapat diterapkan di masyarakat”, ujarnya.

         Pada seminar nasional ini, HMS FT-UB turut mengundang perwakilan mahasiswa jurusan teknik sipil dari berbagai universitas di Indonesia. Para peserta seminar nasional mempunyai respon yang positif dan telah berperan aktif dalam diskusi seminar nasional ini. (red/christin,linda)

Semnas2

Leave a Reply